Sejarah Klampis Timur


Klampis  Timur merupakan salah satu desa di kecamatan Klampis . Klampis  Timur terdiri dari tiga dusun yakni dusun Balong, Sepaong, dan Rong Makam. Nama Klampis  terdiri dari dua suku kata. Kata kelam berasal dari  “Kola” yang berarti kolam dan kata pis yang berasal dari “pesseh” yang berarti uang. Pada awalnya di desa Klampis  terdapat sebuah kolam yang berukuran 10.000 m2 , kolam tersebut terletak diantara jalan raya dan pesisir laut. Kolam yang menjadi acuan terbentuknya nama Klampis  sayangnya telah mengalami abrasi dan sekarang kolam tersebut sudah direklamasi. Daratan tersebut masih dalam proses perencanaan pembangunan untuk dibangun SMK pelayaran, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan akan dijadikan tempat wisata.
Adapun alasan mengapa dibuatkan Pembangunan tersebut:

  1. Pembangunan SMK Pelayaran ditujukan agar pemuda Klampis  Timur bisa dipermudah dalam peningkatan pendidikannya dalam pendidikan berlayar. Karena dari dulu jika pemuda yang ingin masuk SMK pelayaran harus menempuh pendidikannya tersebut diluar desa dan harus merantau terlebih dahulu ketika ingin masuk di pendidikan pelayaran.
  2. Pembangunan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), berguna untuk meminimalisir adanya sampah yang bisa berdampak pada kerusakan ekosistem laut atau pencemaran laut dan juga pencemaran udara.
  3. Pembangunan Tempat Wisata, berguna untuk meningkatkan ekonomi pada masyarakat yang berada didesa Klampis  termasuk juga yang berada di daerah pesisir laut karena sebagian besar penduduk yang ada di di daerah Klampis  Timur ini bermata pencaharian sebagai  nelayan.

Pada masa Kolonial Belanda Desa Klampis  memiliki luas wilayah kurang dari 10 Hectare, akan tetapi dikarenakan padatnya penduduk Desa Klampis  mengakibatkan dipecahnya wilayah desa Klampis  menjadi 2 desa yakni Klampis  Timur dan Klampis  barat pada masa Orde Baru, sehingga pada masa Orde Baru luas wilayah Klampis  Timur  kurang dari kurang dari 5 Hectare.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Follow by Email

Label

Pencarian

Label

Recent Posts