Hasil Laut di Klampis Timur

HASIL LAUT

Klampis Timur merupakan daerah yang terdiri dari 3 dusun yaitu Balong, Sepaong, Rom Makam. Letak Klampis Timur dekat sekali dengan pesisir, hal tersebut mempengaruhi mata pencaharian warga Klampis Timur. Daerah yang dekat dengan pesisir membuat 60 % warga dari Klampis Timur menjadi nelayan.
            Warga Klampis Timur yang banyak menjadi nelayan. Pekerjaan ini mempengaruhi oleh cuaca. Ketika cuaca buruk hasil tangkapan laut warga Klampis Timur mengalami penurunan. Apabila cuaca baik hasil tangkapan laut maka hasil tangkapan warga Klampis Timur banyak. 
Beberapa jenis tangkapan yang sering didapatkan antara lain : Ikan Layar, Ikan Tenggiri, Ikan Tongkol, Udang dan lainnya. Kebanyakan dari tangkapan hasil laut langsung dijual ke pasar atau pengolak – pengolak ikan yang didistribusikan keluar kota.

Sebagian dari tangkapan ikan laut dijadikan ikan kering (ikan asin), Petis dan Terasi. Terasi dibuat dari udang – udang kecil yang dikeringkan kemudian ditumbuk sampai hancur menjadi adonan terasi dan dibentuk. Untuk terasi tersebut menunjukkan Terasi khas Klampis Timur. Petis yang dihasilkan oleh Klampis Timur berasal dari sari – sari ikan Pindang ataupun ikan Tongkol, selain itu warga Klampis Timur juga memproduksi ikan kering dengan berbagai jenis ikan salah satunya ikan kering Layur. Banyak sekali olahan yang dapat dikembangkan dari hasil laut yang diperoleh warga Klampis Timur.

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Follow by Email

Label

Pencarian

Label

Recent Posts