Masalah Sampah Yang Dihadapi Oleh Masyarakat Klampis Timur

Masalah Sampah Yang Dihadapi Oleh Masyarakat Klampis 

Timur


      Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak bagi semua warga negara indonesia. Oleh karena itu, negara, pemerintah, serta seluruh pemangku berkewajiban melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan agar lingkungan hidup indonesia tetap menjadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat indonesia serta makhluk hidup lainnya. Pengolahan sampah baik sampah rumah tangga maupun sampah limbah dari industri rumah tangga kurang diolah dengan baik di Desa Klampis Timur. Jarak tempuh dari desa Klampis Timur ke TPA lumayan jauh, hal ini menyebabkan warga lebih memilih untuk membuang sampah di laut. Sebagian besar masyarakat membuang  sampah di laut. Hal ini mengakibatkan sampah menumpuk di beberapa tempat pesisir laut. Pencemaran air laut tidak bisa dihindarkan akibat dari sampah tersebut. Sampah yang dibuang akan merusak keindahan laut, bukan hanya itu sampah yang dibuang dilaut dapat mengakibatkan beberapa hal yang dapat merugikan baik untuk kehidupan laut dan masyarakat sendiri antara lain:
  • Sampah mengganggu pergerakan satwa laut yang terjerat didalamnya. Pembuangan sampah dilaut dapat menjerat satwa laut dalam pergerakannya. Sampah laut dapat menghambat perjalanan ikan laut.
  • Banyak satwa laut yang mati akibat mengira sampah plastik sebagai makanannya. Akibat banyaknya sampah yang ada di laut dapat membuat satwa laut bingun manakah yang merupakan makanannya atau tidak. Satwa laut yang memakan sampah dapat mengakibatkan kematian bagi satwa laut dan dapat juga meracuni yang memakan ikan apabila sampah yang dimakan ikan laut mengandung bahan-bahan berbahaya.
  • Tumpukan sampah di laut mencemari kejernihan dan kesegaran air laut. Jenis sampah yang dibuang dilaut beragam meliputi botol, sisa makanan, sisa produksi industri pengolahan,  plastik, serta pembuangan dari kapal yang melaut. Semua jenis sampah itu dapat mengakibatkan pencemaran laut. Plastik dan botol minuman bekas yang dalam proses pembuatannya menggunakan bahan kimia berbahaya dapat menyebarkan racunnya ke laut. Air laut yang harusnya tidak memiliki bau yang menyengat menjadi menyengat.
  •  Laut yang sudah tercemar sampah akan menyebabkan penyakit. Jika laut sudah tercemar sampah, maka virus, bakteri, dan parasit akan hidup didalamnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit bagi yang berenang dalam laut. Penyakit-penyakit yang bisa disebabkan oleh air laut yang tercemar antara lain diare, infeksi hidung, telinga, dan mata serta gangguan pada kulit.  
  • Sampah dilaut dapat menghambat perjalanan dan merusak kapal laut. Sampah yang ada di laut dapat menghambat baling-baling kapal bekerja. Terhambatnya kerja baling-baling kapal juga dapat merusak sistem dan membahyakan tangkai kemudi. Sampah-sampah yang tersangkut dapat pula menyebabkan proses pengambilan air laut ke kapal dan evaporator kapal menjadi terhambat.



Share:
Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Follow by Email

Label

Pencarian

Label

Recent Posts