Masalah Yang Dihadapi Nelayan

Permasalahan Nelayan di desa Klampis Timur

            Indonesia merupakan negara dengan kepulauan yang terbesar yang seharusnya laut menjadi potensi utama. Beberapa permasalahan teknis yang menghambat kesejahteraan nelayan dengan karakteristik sosial yang belum kondusif.
            Berbicara nelayan tepatnya didesa Klampis Timur, pendapatan nelayan bergantung pada nilai jual ikan hasil tangkapan dan ongkos (biaya) melaut beserta cuaca yang tidak menentu, para nelayan akan berangkat ketika cuaca cerah biasanya berangkat jam 03.00 dan adapula berangkat jam 04.00 (setelah sholat Subuh), tapi cuaca sedang buruk maka para nelayan tidak akan melaut karena ombak yang besar. Apalagi pantai sudah tercemar oleh banyaknya sampah sehingga para nelayan sulit untuk mendapatkan ikan malah malainkan sampah. Dengan potensi yang demikian besar, kesejahteraan nelayan justru sangat minim  dan identik dengan kemiskinan.
            Permasalahannya penyebab kemiskinan masyarakat nelayan yaitu :  Kondisi Alam
Permasalahannya kemiskinan masyarakat nelayan cuma 1 pekerjaanya yaitu nelayan.
2.      Tingkat Pendidikan Nelayan
Nelayan yang miskin biasanya belum banyak tersentuh oleh teknologi modern atau belum mengenal dengan adanya teknologi serta kualitas sumber daya manusia yang minim dan produktivitas hasil tangkapan juga sangat rendah
3.     Kebiasaan Membuang Sampah Ke Laut
Kebiasaan masyarakat membuang sampah ke laut bukannya membuang sampah ke TPA tapi ke laut, kemudian akan menyebabkan sulitnya menangkap ikan dan akan mengalami kepunahan populasi ikan.
4.      Permasalan Hasil Tangkapan
Ditempat pesisir biasanya terdapat atau memiliki pelanggan tersendiri. Hal ini membuat para nelayan terpaksa untuk menjual ke tengkulak dengan harga yang murah.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Follow by Email

Label

Pencarian

Label

Recent Posts