OLAHAN HASIL LAUT DI DESA KLAMPIS TIMUR

OLAHAN HASIL LAUT DI DESA KLAMPIS TIMUR

Klampis Timur merupakan daerah yang dekat dengan laut. Mayoritas mata pencaharian warga sebagai nelayan, sehingga di daerah tersebut potensi desa yang dimiliki yakni ikan laut yang berlimpah. Banyak olahan pangan yang dapat dibuat dari hasil perikanan tersebut. Namun warga Klampis Timur belum banyak yang memanfaatkan hasil perikanan dengan berbagai olahan. Hasil perikanan masih terfokus untuk dibuat ikan kering dan terasi serta langsung dijual ke pasaran. Sehingga kami mencoba untuk memberikan variasi olahan hasil perikanan di Klampis Timur. Kami berharap olahan-olahan hasil perikanan di Klampis Timur juga dapat meningkatkan nilai ekonomis dari potensi hasil laut di Klampis Timur. Variasi olahan tersebut yakni berupa produk seperti berikut ini:
1.      Nugget Udang
Udang merupakan salah satu hasil laut yang ada di Desa Klampis Timur. Udang memiliki kandungan gizi yang banyak. Kandungan gizi yang ada pada udang segar yaitu energi (kal), protein (g), lemak (g), karbohidrat (g), kalsium (mg), fosfor (mg), zat besi (mg), vitamin A (SI), vitamin B (mg), vitamin C (mg), dan air (g).
Desa Klampis Timur merupakan salah satu daerah yang menghasilkan banyak udang, sehingga perlu diadakan inovasi-inovasi untuk pengolahan hasil laut khususnya udang tersebut. Salah satu inovasi olahan udang tersebut dibuat menjadi olahan nugget udang Klampis Timur.
Pembuatan produk ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat Desa Klampis Timur untuk mengelola hasil laut menjadi berbagai variasi makanan yang menarik dan menyehatkan. Selain itu, pengolahan nugget udang ini diharapkan dapat memberikan warna baru serta tampilan baru bagi sajian udang.
2.      Kerupuk Ikan Tenggiri
Ikan tenggiri memiliki banyak manfaat salah satunya bagi kesehatan yaitu mengobati penyakit ringan maupun penyakit berat, seperti depresi, kanker, menyehatkan pencernaan, menghilangkan ketombe, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. Pada ikan tenggiri terdapat 109 kalori dalam tubuhnya. Kalori tersebut  dapat berguna untuk menambah stamina dalam melakukan kegiatan  sehari-hari, selain itu juga memiliki manfaat sebagai pembentukan masa otot tubuh, menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah yang berguna untuk meningkatkan oksigen di dalam sel darah merah. Mengandung vitamin A, vitamin C , dan vitamin B1.
Kerupuk merupakan satu makanan ringan yang banyak diminati oleh masyarakat, bahkan ada yang mengkonsumsi dengan nasi sehingga banyak produsen yang memiliki keinginan untuk meningkatkan produksinya. Oleh karena itu dengan adanya pembuatan kerupuk tenggiri ini selain memberikan inovasi bagi warga Klampis Timur juga dapat meningkatkan perekonomian warga Klampis Timur.
3.      Udang Crunchy
Salah satu hasil laut yang ada di Desa Klampis Timur yaitu udang rebon. Udang rebon merupakan hasil laut yang biasa dimanfaatkan oleh warga sebagai bahan dasar terasi. Oleh karena itu, hasil laut berupa udang rebon tersebut kami buat inovasi olahan baru berupa udang crunchy. Udang crunchy dapat memberikan warna baru bagi sajian berbahan dasar udang, dengan rasanya yang enak dan crunchy (renyah) dapat menggugah selera makan menjadi bertambah. Pengolahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga, selain itu udang crunchy tersebut juga disajikan dengan kemasan yang bagus serta logo untuk identitas produk menjadi lebih menarik.
4.      Pentol Lophe
Selain olahan diatas, terdapat satu lagi olahan yang dapat dibuat sesuai dengan potensi hasil laut Klampis Timur. Olahan yang dapat dibuat tau dihasilkan yaitu pentol Lophe. Pentol biasanya berbahan dasar dari daging. Namun pentol Lophe ini berbahan dasar dari Udang. Olahan tersebut dapat menjadi olahan khas Klampis Timur. Pentol ini juga divariasikan dari bentuknya, pentol Lophe ini dibentuk love. Olahan pentol Lophe ini dapat meningkatkan minat para pembeli dan menigkatkan nilai perekonomian warga Klampis Timur. Pentol Lophe ini jug dikemas dengan kemasan yang sedikit berbeda dari biasanya agar lebih menarik serta dilengkapi dengan stiker yang menunjukkan bahwa pentol Lophe merupakan olahan khas Klampis Timur.


Share:
Diberdayakan oleh Blogger.
  • ()

Follow by Email

Label

Pencarian

Label

Recent Posts